5 Manfaat Temulawak Yang Harus Kamu Ketahui

lawan-hepatitis-dengan-temulawak

Temulawak. Foto: Herbadrink

Beberapa bulan yang lalu, anak Ibu Kos terpaksa pulang ke rumah dari kegiatan pendidikan di pesantren, karena mengalami penyakit hati (penyakit liver) atau juga hepatitis, sebuah gangguan yang terjadi pada fungsi biologis hati, terjadi karena adanya infeksi virus pada hati, toxin. Tanda-tanda yang terlihat jelas dari penyakit hati yang ada pada anak Ibu Kos ialah perubahan warna pada kulit dan mata yang berwarna kuning. Dan anak Ibu Kos kemarin sudah ditaraf mengkhawatirkan. Karena harus dirawat dan menjalani proses penyembuhan yang cukup lama.

Kondisi anak Ibu Kos yang sakit liver kemarin jadi mengingatkan saya sewaktu kecil dulu. Saya pun pernah mengalami kondisi seperti itu. Tapi saya lupa dulu pengobatan yang saya jalani seperti apa. Saya cuma ingat setelah masa pemulihan, Ibu saya sering membuatkan Jamu tradisional Temulawak yang diberi gula Jawa merah. Kalau tidak sempat meracik sendiri, beliau akan memesan pada Mbok Jamu kenalannya yang setiap hari lewat depan rumah menggunakan gendongan kain yang khas, yang kami sebut Jarik.

Nah, anak Ibu Kos kemarin juga diberikan Jamu Temulawak oleh Bu Kos. Waktu kutanya, sebenarnya manfaat utama dari Temulawak ini apan, sih? Kok bagi penderita penyakit liver selalu dapat rekomendasi untuk mengonsumsi Temulawak setiap sakit?

Karena jujur, selama ini saya nggak begitu peduli dengan Temulawak, tahunya Temulawak ini jamu yang punya manfaat sebagai penambah nafsu makan. Banyak anak-anak kecil yang diberikan jamu ini jika pola makan mereka nggak bagus. Tau sendiri kan anak-anak itu sulit sekali makannya, apalagi kalau menu makanan yang nggak mereka suka. Nah, biasanya andalan Temulawak ini jadi andalan para Ibu.

Tapi, setelah kejadian anak Ibu Kos sakit itu, saya jadi mencari tau lebih banyak mengenai Temulawak, apa saja manfaat besar lainnya, selain mengatasi masalah pencernaan agar nafsu makannya jadi bertambah.

Ada 5 manfaat Temulawak (Curcuma Javanica) yang saya kutip dari berbagai sumber, yang menurut saya bagus banget untuk menjaga kesehatan tubuh kita sehari-hari, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menjaga Kesehatan Liver
    Temulawak ternyata dipercaya sejak dulu bermanfaat sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan hati. Namun perlu diketahui untuk dosis yang dikonsumsi, karena jika berlebihan yang masuk ke tubuh, justru akan merusak organ hati. Jadi, harus sesuai takaran, jangan terlalu banyak dan diimbangi juga dengan nutrisi lainnya yang masuk ke tubuh.
  2. Mencegah Serta Membantu Pengobatan Kanker
    Ada beberapa jenis kanker tertentu yang penyebarannya bisa dihambat dengan rajin mengonsumsi racikan Temulawak, salah satunya Kanker Prostat. Namun, informasi ini masih terus diteliti. Asal rajin makan makanan sehat, tentu saja penyakit tak mudah masuk ke tubuh, ya. Tinggal bagaimana kita mengatur pola makan.
  3. Mengatasi Masalah Pencernaan
    Seperti yang sudah saya singgung di atas, salah satu manfaat Temulawak yang pertama ialah mampu membantu proses metabolisme makanan yang masuk ke tubuh. Perut kembung dan pencernaan lancar juga bisa diatasi dengan Temulawak. Salah satunya juga dapat mengatasi masalah kolesterol darah.
  4. Obat Jerawat
    Jujur saya baru tau kalau Temulawak juga bisa menjadi obat jerawat. Kandungan Astrigent yang ada pada Temulawak ternyata bisa mengurangi produksi kelenjar minyak. Kandungan antiseptiknya juga bisa membersihkan bakteri pada kulit penyebab jerawat.
  5. Anti Radang
    Kalau kamu punya masalah peradangan pada sendi, baiknya coba deh minum racikan jamu Temulawak.

Tapi seperti yang sudah saya bilang di atas, walaupun Temulawak punya banyak manfaat bagi kesehatan, tapi kita nggak boleh berlebihan menjadikan Temulawak sebagai perantara utama sebagai pengobatan atau pencegahan penyakit, kita harus perhatikan juga efek sampingnya. Dan tentu saja hidup sehat harus menjadi pilihan dalam menjalani hidup.

DSC05540

Temulawak + Chiaseed

Oleh karena manfaatnya yang bagus bagi kesehatan, saya mulai melirik Temulawak untuk menjadi salah satu alternatif minuman kesehatan yang musti saya konsumsi. Karena menemukan Temulawak lumayan sulit di sekitar tempat tinggal saya sekarang. Saya bahagia waktu menemukan Sari Temulawak Herbadrink di minimarket dekat rumah. Minuman herbal alami Sari Temulawak Herbadrink ini jadi minuman favorit saya sekarang. Menilik manfaatnya yang punya kebaikan alami bagi tubuh, saya nggak ragu untuk puya stok Sari Temulawak di rumah. Well, selain Sari Temulawak, ternyata Herbadrink punya banyak varian rasa lainnya juga. Ada Kunyit Asam, Beras Kencur, Lidah Buaya, Sari Jahe dan banyak lagi. Alhasil, karena selain Temulawak yang punya banyak manfaat, saya juga melirik Herbadrink lainnya.

Mengapa saya memilih Sari Temulawak Herbadrink? Salah satunya karena tinggal seduh dan dikemas secara praktis dan higienis. Racikannya diproduksi dengan teknologi tinggi tanpa mengurangi kenikmatan rasa aslinya.

Sumber:

9 Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami


http://herbadrinknatural.com//article-detail.php?id=83

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s