Tips Membeli Sepatu Secara Online

nike_nike-wmns-air-max-motion-lw-se-sepatu-olahraga-biru-844895-400_full01

Sekarang untuk membeli keperluan dan kebutuhan sehari-hari semakin gampang, karena banyaknya tersedia barang melalui online shop. Mau apa saja, kita tinggal klik. Apapun yang kita inginkan dan butuhkan selama punya cukup uang, semuanya menjadi lebih mudah. Termasuk dalam membeli sepatu secara online.

Membeli sepatu ataupun alas kaki lainnya ini memang harus sedikit berhati-hati. Karena nggak semua alas kaki yang kita idamkan sesuai ekpetasi, ketika sudah sampai di rumah ternyata sangat mengecewakan. Berikut tips ringan ala saya, yang mungkin bisa ditiru dalam membeli sepatu online.

Pertama, pastikan terlebih dahulu ingin membeli sepatu model yang seperti apa. Bisa dispesifik lagi apa yang kita mau, misal, jika ingin membeli sepatu olah raga, berarti yang kita cari adalah di kategori olah raga. Jika ingin membeli alas kaki untuk ke pesta, ke gunung, ke pantai, untuk sehari-hari juga seperti itu. Atau mungkin yang multi fungsi, di segala suasana bisa digunakan, yang penting kita sudah tau apa yang sedang kita cari. Sepatu olah raga pun banyak jenis, dibedakan dengan sub kategori olah raganya itu sendiri. Ada buat tennis, hiking, running, walking, sepak bola dan sebagainya. Sesuaikan dengan keperluan, biar nggak salah pilih.

Jangan sampai niat membeli sepatu olah raga, tapi yang dicari justru sepatu untuk dipakai di pesta. Karena bakal nggak nyambung. Kecuali pestanya punya tema sports.

Kedua, tau dengan ukuran kaki sendiri. Memang sih, ukuran kaki setiap orang berbeda, dan terkadang satu nomor itu dalam setiap brand itu tidak sama. Seperti yang saya tulis di artikel ini. Misal kita punya ukuran kaki 37, cocok untuk satu merek ini, Misal Nike, tapi ketika kita coba dengan merek berbeda, misal Adidas, kita harus menggunakan nomor 36, bahkan untuk merek lainnya juga akan berbeda. Nah, yang perlu diperhatikan adalah, catat seberapa panjang ukuran kaki. Biasanya, untuk toko online yang jual sepatu nike, yang rekomended, akan mencantumkan ukuran kaki dan nomor sepatu.

Seperti, untuk ukuran kaki 37 panjangnya 22cm. Tapi ada juga size 37 ukuran kakinya untuk yang panjannya 23.5cm. Jadi memang tergantung dari setiap brand sepatu. Jadi kita jangan hanya terpatok dengan ukuran standar yang kita pakai. Ini pengalaman saya, ketika membeli sepatu di salah online shop, tidak begitu memperhatikan ukuran yang saya maksud di atas. Alhasil, sepatunya kebesaran. Jadinya bikin nggak nyaman.

Ketiga, pastikan juga, apakah sepatu yang kita beli itu original atau kw super, alias bajakan. Yang perlu diperhatikan lagi adalah soal harga. Logikanya jika sepatu yang kita beli itu asli harganya pasti mahal. Kecuali ada diskon, kalaupun sudah diskon, harganya pasti tidak jatuh.

Keempat, perhatikan rating atau reputasi si penjual, karena pastinya kita nggak mau terjebak, ingin sepatu bagus dengan harga murah, tapi dapatnya sepatu jelek yang baru dipakai beberapa kali langsung jebol. Jadi, untuk meminimalisir penipuan seperti itu, kita harus rajin-rajin baca testimoni dari pelanggan yang pernah membeli di toko tersebut. Karena toko online yang punya reputasi baikpun nggak akan lewat dari kecurangan dari penggunanya itu sendiri. Ini sudah banyak terbukti.

Bandingkan juga dari satu toko online yang satunya dengan lainnya. Hal ini berguna untuk membandingkan harga, kualitas dan kecepatan pedagang dalam merespon pembeli. Bisa dilihat juga, apakah ada promo untuk ongkos kirim. Karena ada beberapa pedagang yang nakal, mempermainkan ongkos kirim. Sehingga kita dirugikan, tarif untuk ongkos kirimnya ternyata lebih mahal dari harga sepatu. Yang ini biasanya untuk calon pembeli dari daerah-daerah pelosok. Yang tidak tau berapa tarif ongkos kirim ke daerahnya tersebut.

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s