Mengenal Tentang Pengadaan Barang dan Jasa

WhatsApp Image 2017-11-30 at 11.34.56

Kamis, 30 November  2017 yang lalu, bertempat di The Media Hotel and Tower, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Saya mengikuti seminar atau Temu Nasional Pengadaan Barang dan Jasa 2017, yang diselenggarakan oleh P3i (Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia), dengan tema Peluang dan Tantangan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah serta Jasa Kontruksi di Indonesia. Temu Nasional ini merupakan event tahunan yang dibuat oleh P3i.Acara yang dimulai sekitar pukul 9 hari itu diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang sedikit ada penambahan pada liriknya, namun nggak mengurangi isi dari lagu tersebut. Lalu dibuka dengan laporan dan sambutan oleh Khalid Mustafa (Ketua Umum Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia). Dalam sambutannya Pak Khalid mengatakan, pengadaan barang/jasa ini harus  dipandang sebagai proses manajemen, karena di dalamnya banyak resiko yang harus ditelaah dan kelola agar memenuhi standar. Karena jika tidak, sampai kapanpun pelaksana pengadaan akan disibukkan oleh persoalan tentang ini, bukan nggak mungkin semakin dipersulit hingga dipenjarakan, yang justru akan memperlambat pembangunan. Karena mekanisme-mekanisme saat ini perlu pengawasan ketat. Sehingga kita harus memahami sistemnya terlebih dahulu, sebelum melakukan proses pengadaan. Dan profesionalisme harus menjadi pegangan bagi kita semua dalam melaksanakan setiap pekerjaan. Karena untuk menghasilkan produk berkualitas harus dimulai dengan tender yang bersih, agar hasilnya juga baik. Jika terjadi kegagalan pembangunan, 10 tahun ke depan akan terus jadi masalah.

WhatsApp Image 2017-11-30 at 11.34.49

Setelah sambutan dari Pak Khalid, dilanjutkan dengan diskusi panel bersama dua narasumber, Pak Dr. Ir. Agus Prabowo, M.Eng (Kepala LKPP)  yang membahas tentang Arah Kebijakan Pengembangan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M.Eng (Ketua Umum Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia). yang akan membahas tentang Arah Kebijakan Jasa Kontruksi.

WhatsApp Image 2017-11-30 at 11.35.01

Tentang pengadaan barang dan jasa ini merupakan pengetahuan yang sangat baru buat saya. Banyak hal istilah-istilah serta beragam permasalahan yang ada di bidang ini baru saya ketahui. Seperti banyaknya potensi atau celah kecurangan yang terjadi di pengadaan barang dan jasa. Apalagi setelah mendengar beberapa ‘curhatan’ peserta seminar dari berbagai kota yang datang hari itu.

Temu Nasional Pengadaan Barang/Jasa Indonesia tahun ini berlangsung dua hari, dari tanggal 30 November – 1 Desember 2017 di tempat yang sama. Ada 5 kali diskusi panel yang dilakukan dalam temu nasional kemarin. Membahas tentang implementasikan undang-undang tentang jasa kontruksi dan peraturan presiden tentang pengadaan barang/jasa terbaru.

WhatsApp Image 2017-11-30 at 11.34.55

Sebenarnya yang menarik adalah materi diskusi di seminar hari kedua, pada Jumat 1 Desember. Karena tema-temanya sering kali menjadi topik utama dalam berita nasional. Seperti korupsi dalam pengadaan barang/jasa juga solusi dan perbaikannya, dan banyak lagi.

Buat saya hal ini penting juga kita ketahui, agar bisa sedikit paham bagaimana setiap permasalahan dalam jasa kontruksi dan pengadaan barang dan jasa bisa berjalan sesuai regulasi dan tidak di acak-acak oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dan mementingkan diri sendiri. Karena itu tadi, rentan sekali untuk dikorupsi, karena dana-dana untuk jasa ini besar sekali. Jika teman-teman ingin tau banyak tentang hal ini, bisa cek and ricek websitenya P3i.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s