Apa Persiapan Calon Dubber?

Blogger-reporter

Kalau kita nonton drama televisi terutama dari luar negeri, misal Drama Korea, Telenovela, Serial Turki, Serial India atau dari drama-drama dari negeri tetangga. Kita akan dengan mudah menikmati film-film tersebut dengan dua cara, membaca teks terjemahannya langsung atau dari dubbing yang sudah dibuat oleh televisi yang menayangkan drama itu. Saya pernah berpikir, gimana sih cara kerja pada dubber.

Eh, tapi dubber itu apa sih? Dubber itu asal kata dari Dubbing dari Bahasa Inggris yang artinya adalah proses sulih suara atau kegiatan mengisi suara dalam sebuah film, pentas drama, iklan dan sebagainya. Dubber berarti pengisi suara. Kadang penasaran ya, gimana proses para dubber ini melakukan pekerjaannya, atau apa saja syarat-syarat seseorang yang ingin menjadi dubber. Apakah harus punya suara yang bagus atau yang biasa saja.

Nah, kemarin teman-teman Blogger Reporter sebenarnya punya workshop yang dinamakan Inhouse Training. Kegiatannya macam-macam tapi biasanya berbagi ilmu seperti itu. Kebetulan pas Inhouse Training kemarin tema yang diusung sama BRID (Blogger Reporter Indonesia) adalah tentang dubber ini. Namun sayang banget, saya nggak bisa datang, jadinya saya ijin materi tentang dubber nya untuk saya tulis di blog buat catatan sendiri.

Dubber-gogobli

Dari informasi yang saya baca, proses dubber ini ada yang dikerjakan sendiri oleh stasiun TV dan ada pula yang dikerjakan oleh Production house. Barulah nanti tugas itu diberikan kepada sutradara dubbing (dubbing director).

Trus apa aja sih tugas tugas Production house ini?
Pertama, PD akan melihat keseluruhan film, setelah itu barulah melakukan casting dubber, untuk menentukan dubber yang tepat mengisi suara. Ketiga, mengarahkan dialog saat perekaman.

Saat perekaman ini akan dibantu oleh seorang operator yang akan mengoperasikan komputer. Kemudian yang terakhir adalah mixing oleh editor, untuk mengatur level suara, menyeimbangkan suara, memberikan efek suara dan latar musik. Jika sudah selesai, hasil rekamannya akan dikirim ke stasiun Televisi untuk ditayangkan. Hasil itulah yang sehari-hari kita tonton.

Karena menjadi dubber itu nggak semudah yang kita bayangkan, ada proses yang harus kita tekuni. Dari menyimak kultwit teman-teman yang hadir saat itu dan membaca materi yang dikirim untuk saya pelajari. Suara adalah aset utama yang digunakan oleh para dubber, oleh sebab itu untuk menjadi seorang dubber haruslah mampu mengolah dan menjaga kualitas suara.

Jika bercita-cita ingin menjadi dubber, berikut adalah latihan dasar untuk menjadi dubber yang dapat dipelajari sendiri di rumah.

  • Olah Tubuh, yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu olah pernafasan dan senam mulut.
  • Olah Vokal, olah vokal ini diperlukan agar suara bisa terasah dengan baik dan berkualitas. Yang terdiri dari power, artikulasi, intonasi, tempo dan warna.
  • Olah Rasa, yakni belajar mengolah batin, agar dapat menjiwai karakter dan menghayati peran yang akan diisi suarannya. Olah rasa ini terbagi menjadi 4 bagian, yakni konsenterasi, ingatan emosi, imajinasi, observasi.
  • Lipsync atau sinkronisasi bibir, ini penting agar dialognya pas, suara dengan gerak bibir.

Seorang dubber juga bisa bekerja dengan melakukan 4M, dan harus cerdas agar bisa melakukan 4 aktivitas dalam 1 waktu.

  1. Melihat
  2. Mendengar
  3. Membaca
  4. Merasakan

Intinya adalah latihan terus-menerus, punya niat, tekad dan motivasi yang tinggi. Gabung di grup-grup yang berprofesi menjadi dubber, untuk proses belajar atau mungkin informasi pekerjaan dubber.

Walaupun tidak datang di acara Inhouse Training saat itu, tapi saya senang karena dapat menambah informasi tentang ini dan menjawab penasaran saya. Terlebih, saya tertarik dengan informasi tentang sebuah online shop khusus kesehatan dan kecantikan yang dimention teman-teman saat itu. Namanya Gogobli, lucu, ya.

latihan-menjadi-dubber

Saya baru tau online shop ini, coba saya mengetahui hal ini sejak lama. Masih terbayang dulu waktu masih rajin konsumsi obat herbal untuk sesuatu yang saya derita. Saya harus klik sana sini untuk mencari obat-obatan yang hanya dijual secara online. Memang ada banyak seller yang menawarkan produknya. Tapi kekhawatiran pastilah ada, terutama soal tanggal kadaluarsa atau apakah obat ini sudah terdaftar Bpom dan soal penipuan. Agak ngeri kan, apalagi ini obat yang akan dikonsumsi. Termasuk untuk urusan kecantikan juga, bahaya kalau kita salah memilih.
Nah, ternyata Gogobli ini sudah beroperasi sejak 2011 lalu, dan terpercaya sebagai pilihan utama berbelanja online di Indonesia terutama sebagai toko online kesehatan dan kecantikan. Jadi Gogobli memperhatikan betul soal kualitas produk, merk dan reputasi produk yang jual di Gogobli. Dan memastikan produk-produk ini aman untuk dikonsumsi dan digunakan. Jadi kita nggak perlu was-was.

Kan bahaya juga, misal jika ingin menjadi dubber, tapi salah pilih obat ketika sakit, misal obat batuk atau obat pernafasan lainnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s