Kurungan Nyawa

Ada yang familiar dengan dua kata tersebut? Jika kamu tinggal di Bandar Lampung, kamu akan tau Kurungan Nyawa itu apa? πŸ˜€

Kurungan Nyawa itu nama Desa di Gedong Tataan, Pesawaran, Lampung. Nama yang unik menurut saya, kebayang waktu saya pertama kali dengar nama dan mendatangi tempat ini bulu kuduk saja merinding, takut dan ogah banget dulunya pergi ke tempat ini. Apalagi di sekitar Kurungan Nyawa terdapat Rumah Sakit Jiwa. πŸ˜€

Saya nggak tau, kenapa tempat itu dinamakan Kurungan Nyawa, selain nama tempat yang unik itu, ada juga yang namanya Negeri Sakti, di Kecamatan Gedong Tataan ini juga terdapat Museum Transmigrasi di Desa Bagelen. Desa Bagelen ini adalah desa pertama yang menjadi tempat transmigrasi perpindahan orang-orang dari pulau Jawa (yang berasal dari Desa Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah) ke Pulau Sumatera sekitar tahun 1900-an pada masa pemerintahan Kolonial Belanda. Pernah saya posting sedikit sih disini waktu ikut kontes SEO bareng Komunitas Blogger Lampung.

Jadi, transmigrasi yang dilakukan pertama kali di Indonesia itu ada di Pulau Sumatera tepatnya di Lampung, makanya di Lampung itu banyak sekali orang Jawa, nenek kakek saya juga transmigran dari pulau Jawa, nih.

museum transmigrasi
foto dari sini :www.fahrudindani.blogspot.com

Kalau teman-teman ke Lampung jangan lupa mampir ke Museum Transmigrasi ini ya, saya juga belum sempat mengunjungi museum ini, sih, karena lokasinya agak jauh dari rumah saya.

Terus, jangan lupa bulan ini ada Festival Krakatau yang ke-24, setiap tahunnya diadakan oleh Dinas Pariwisata Propinsi Lampung, tahun ini eventnya berlangsung akhir bulan ini. Ngapain aja sih kalau ada Festival Krakatau seperti itu? saya juga kurang tau..karena belum pernah ikutan. Hehe (payah banget). Kemarin daftar untuk dapetin tiket gratis ikut festival ini, tapi sayangnya udah nggak kebagian quota, kalaupun saya jadi ikut sama aja saya pulang ke Lampung, kalau nggak mampir kerumah emak bisa dimarahin πŸ˜€

festival krakatau

Foto dari sini :www.indonesiakaya.com

Ah, cuma mau mengingatkan diri sendiri, saya belum posting dan bikin reportase kegiatan tahunan yang baru berjalan 3 tahun ini dikampungku, di Desa Margaraya Kec. Natar. Lampung Selatan. Yaitu acara rutin yang dilakukan muda-mudi M-One, namanya acara muda mudi, acaranya sama seperti tahun sebelumnya, yang membedakan kami anggotanya mulai berkurang. Hehehe..you know what i mean πŸ˜€

Postingan ini sebenarnya postingan dalam rangka saya masih kangen sama Lampung. Padahal blog udah lama minta diisi. Ahh..udah ah. Ntar jadi geje.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s