Bicara Lingkungan Tak Sekedar Hanya Bicara

menjaga lingkungan

Pernah melihat iklan layanan masyarakat di tv yang judulnya ‘Banyak Pohon, Banyak Rezeki’ dengan kata-kata mantranya yang menggugah hati kita. Untuk kita lebih peduli pada lingkungan, menjaga pohon-pohon, menjaga hutan, menjaga udara, menjaga air, menjaga dan melestarikan bumi untuk masa depan kita.

Kita dan mereka adalah satu, satu memberi satu menerima.
Itulah jalinan kita dengan pohon, dengan hutan.
Dikota ini, air, udara dan teduh kita bergantung padanya.
Melindungi mereka berarti melindungi masa depan kita.
Banyak pohon banyak rejeki.

Bayangkan, jika pohon-pohon tidak lagi tumbuh subur, bayangkan jika air tidak lagi mengalir pada salurannya karena tertutup sampah dan berakibat banjir berkepanjangan, bayangkan jika udara penuh sesak oleh asap dari pembakaran hutan, bayangkan jika kita tidak bisa hidup tenang dan nyaman lagi, karena perilaku kita yang tidak disiplin mengikuti aturan. Bayangkan..jika nanti anak cucu kita tak bisa lagi merasakan bumi indah ini yang seharusnya kita jaga mulai dari sekarang.

Apa yang seharusnya kita (saya) lakukan? agar hal-hal semacam itu tidak terjadi? setidaknya hal kecil yang bisa kita (saya) lakukan? Jawabannya pasti banyak, andai saja kita mau sedikit lebih peduli, mencintai dan saling bekerja sama melakukan kebaikan itu.

Saya mendapatkan quote menarik saat menghadiri acara blogger bicara di Demang Cafe yang diadakan Blogdetik dan WWF dengan tema #bicaralingkungan Minggu lalu (16/04/14) . Yang dihadiri oleh beberapa publik figur, satu diantaranya Melanie Subono.

Dunia akan hancur bukan karena orang jahat, tetapi orang baik yang tidak melakukan apa-apa –

Dan tidak cuma itu, bukan cuma merugikan para petani, tapi lahan-lahan yang dialih fungsikan itu juga merusak habitat lainnya, simbiosis mutualisme yang seharusnya terjaga jadi tidak berjalan lagi karena ulah manusia yang bertanggung jawab dan peduli lingkungan.

go green

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s