Jajanan Es Waktu SD

es tong2 roti tawar
Es Krim Roti Tawar.

Ada yang suka kangen sama jajanan Es waktu SD, nggak? terutama jajanan tahun 90an. Tahun 90an itu tahun-tahun Indonesia terakhir merasakan damai, tentram, sebelum terjadi huru-hara di tahun 1998, karena setelah itu semua harga bahan pokok naik, keadaan Indonesia sedikit kacau balau, di kota maupun di desa, walaupun saat itu saya nggak banyak mengerti tragedi yang terjadi, tapi perubahannya benar-benar terasa, dan susah untuk dikembalikan.

Saya lulus SD tahun 1998 dan mulai mendaftar di SMP yang biayanya tiba-tiba berubah drastis dari tahun sebelumnya karena kejadian di tahun yang sama.

Waktu saya masih SD setiap hari saya selalu ditemani ibu di sekolah, saya nggak bisa nakal, bolos sekolah, berantem, ataupun melakukan hal yang nggak pantes menjadi pelajar SD selama di sekolah. Ibu selalu mengawasi dari kejauhan. Ibu ikut ke sekolah bukan karena tidak percaya, tapi ibu ikut ke sekolahan untuk berjualan, mencari sedikit rezeki untuk biaya hidup dan biaya saya sekolah, dan setiap istirahat tiba saya membantu ibu berjualan dan bisa jajan gratis dari penjual lainnya 😀

Ibu punya banyak dagangan yang dijajakan di sekitar sekolahan, ibu tidak pernah menyerah, ibu penuh semangat. Tidur malam hari, bangun pagi-pagi demi menyiapkan semua itu, dari membuat pempek, membuat marning, membuat kripik singkong, membuat gorengan, hingga menerima titipan es mambo dari saudara yang mengantarkan setiap hari kerumah, dll. Dan tidak lupa untuk memperhatikanku agar rapih ke sekolah, mengikat rambut ikal, mengikat tali sepatu, dan menyuapi saat sarapan, setelah saya berangkat ke sekolah bersama teman-teman, ibu kembali bersiap-siap dengan dagangan dan menyusulku ke sekolah.

Ibu I LOVE YOU, perjuanganmu tidak akan pernah saya lupakan. I love u so much. Huhu..jadi terharu inget semua itu 🙂

Ah..iya kenapa saya tiba-tiba ingat sama jajanan SD dan mengingat semua perjuangan ibu?
Tadi di timeline facebook saya melihat sebuah akun memposting gambar es krim yang sering di jajakan di tahun 90an. Ok, back to topic ngomongin es yak 😀
Nah, es krimnya itu beda, saya telusuri link yang dikasih ternyata ada di kaskus, yang punya judul thread ‘Jajanan ES Khas, tahun 90an’

Well, ini ada beberapa yang membuat nostalgia. Semua photo berasal dari thread tersebut, es-es dibawah ini cuma satu yang suka di jualain sama ibu saya 🙂

es goyang
es goyang

Es goyang, kebetulan waktu saya SD jarang ketemu sama es goyang ini, nggak banyak yang bisa bikin, mungkin karena di kampung ya? rasanya saya nggak terlalu suka harganya juga sedikit mahal, yang lain masih 25-50 rupiah, es ini udah Rp.100 dan Rp.150 dan sepertinya ada rasa terlalu banyak garam.

Waktu SD saya paling banyak bawa uang jajan pas kelas 6 SD itu Rp.500 perak :D, uang 300perak bisa beli es, rujak, bubur dan gorengan.

es lilin
es lilin

Es Lilin, nggak tau dari campuran apa, rasanya enak, tapi sama kayak es goyang, jarang yang berjualan, kata yang bikin bahannya terlalu mahal, iya, rasanya emang sedikit mahal 😀


es potong
es potong

Es Potong, this is it, salah satu es favorite saya, suka ngeliat abang-abangnya motongin es, kadang sampe di ukur-ukur sama temen, panjangnya sama atau nggak, kalau nggak sama, harus tukar lagi sama abangnya 😀

es serut
es serut

Ini es yang bikin gregetan dan sering bikin abang penjualnya marah, gimana nggak marah, kalau sirupnya habis di sedot, kita-kita selalu minta tambah, sengaja makan es serutnya deket yang jualan..hihi. Maaf ya bang :p

es mambo
es mambo

Nah, ini, ini jenis es yang sering ibu saya jualin titipan saudara, es mambo..wahh. Tapi saya dilarang makan es ini sering-sering nanti ibu rugi dan nombokin modalnya..haha. Biasanya kalau dititipin gitu, dari harga Rp.50, ibu ngejualinnya Rp.75-Rp.100 dan ada beberapa potong es yang dilebihin, nah lebihan ini yang boleh saya makan 😀

es gabus
es gabus

Saya paling nggak suka sama es gabus ini, aneeeeh dan aneh. Kayak makan kapas, entah terbuat dari apa dan gimana orang bikinnya, agak menjijikan buat saya..haha.

es tong2 roti tawar
es tong2 roti tawar

Es tong tong ini, es yang saya idam-idamkan tapi nggak bisa beli, musti nahan uang jajan biar bisa ngerasain es tongtong roti tawar. Yap, ini es masuk kategori jajanan orang kaya di kampung…hihi. Harganya yang mahal bisa Rp.250-Rp.300 waktu itu, mungkin karena ada roti dan es krimnya yang beda.

Tapi es tong tong ini emang enak sih, (duh nulis ini sambil ngelapin bibir pake lidah karena pengen..wwakakaka).

Oh, emak..aku rindu masa kecilku 😀

credit: kaskus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s