Yuk, Kita Belajar Bahasa Daerah

ragam bahasa daerah indonesia

Saya sependapat dengan Niar, kalau bukan kita (yang tahu bahasa daerah) siapa lagi yang akan mengenalkannya kepada dunia, kepada generasi selanjutnya, kepada mereka atau kita yang belum tahu, biar kita semakin tahu dan sama-sama tahu, bahwa Indonesia, negara kita tercinta begitu kaya akan bahasa.

Saya juga pengen banget belajar dan melestarikan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Karena Aku Cinta Bahasa Daerah! Dari situ, yuk kita belajar bahasa daerah yang kita ketahui.

lampung

Pakaian dan rumah adat Lampung

Selama tinggal di Lampung saya menggunakan bahasa daerah Besemah untuk percakapan sehari-sehari di kampung. Sedangkan untuk bahasa Lampung-nya sendiri agak jarang diucapkan, karena saya pakai bahasa Lampung jika hanya bertemu dengan keluarga angkat ibu saya yang asli Ulun Lampung Pubian. Dirumah jiddah (nenek) kami juga pakai bahasa campur-campur, bahasa Indonesia dan bahasa Lampung, tergantung suasana. Dan selama tinggal di Bogor, saya nggak bisa bahasa Sunda, kalau cuma mendengarkan sih, kadang ngerti kadang nggak. Saya sendiri punya darah Jawa, jadi otomatis Alhamdulillah saya bisa menggunakan Bahasa Jawa.

Lalu saya pengen banget bisa belajar bahasa Batak.

Sebenarnye aku dek tau nian bahase daerah mane yang ku guneke di talang ini, aman uji urang talang, ye base Palembang, tapi aman ditelisek’i lagi, di Palembang tuh pakai akhiran O,

Contohnye mak ini;

Nak kemano? Cak mano pulo kau ini, wong kito galo, ado nian.

Sedangke yang kupakai itu jadi berakhiran E.

Nak kemane? Makmane pule dengan ni, urang tubo gale, ade nian.

Ade pule yang ngateke bahase yang kuguneke ini adelah bahase ogan, dek tau pule ogan mane itu ye..hehe. Yang penting aku pacak bebase bae lah. Tapi setelah ku cakahi-cakahi di google, dek taunye ini temasok dalam bahase besemah, bahase kebanyakan yang diguneke ule urang Pagaralam (SumSel) aku dek tau sejarahnye ngape di dusunku ini pakai bahase makini. Cuman ini loknye bahase yang kupakai agak kasar, menurutku ye, ule banyak kate-kate yang dak seragi bile di telisek’i lagi, tapi dikde paham pule nian aku ni yang mane yang dak seragi. Same bae lok bahase Jawe, Sunda, kalunye ye, ade yang kasar, ade yang halus.

Aman di Jawe kate Beli kasarnye tuh Tuku, nah aman alusnye jadi Tumbas.

Arti:

Sebenarnya saya nggak begitu tau banget berasal dari mana bahasa daerah yang saya pakai di kampong, kalau kata orang-orang di kampung sih, ya bahasa Palembang, tapi kalau ditelusuri lagi, bahasa Palembang itu berakhiran O.

Contohnya seperti ini :

Nak kemano? Cak mano pulo kau ini, wong kito galo, ado nian.

Sedangkan yang saya pakai itu jadi berakhiran E.

Nak kemane? Makmane pule dengan ni, urang tubo gale, ade nian.

Ada juga yang mengatakan bahasa sehari-sehari yang saya pakai ini adalah bahasa Ogan, tapi nggak tau juga Ogan mana yang dipakai. Ah, yang penting saya bisa berbahasa daerah, deh..hehe. Dan setelah saya cari-cari digoogle, nggak taunya bahasa ini termasuk dalam bahasa besemah, bahasa yang digunakan oleh masyarakat Pagaralam (Sumsel) Saya kurang begitu tau sejarahnya, kenapa di kampungku menggunakan bahasa ini. Cuman mungkin yang saya pakai ini agak kasar, menurut saya begitu, karena banyak banget perbedaannya kata-katanya, saya juga nggak begitu paham, mungkin saya seperti bahasa Jawa atau Sunda, ada yang halus atau kasar, begitu. Kalau di Jawa kata ‘Beli’ kasarnya adalah ‘Tuku‘, dan halusnya ‘Tumbas‘.

(Indonesia memang kaya akan bahasa daerah yah)

Sedikit kamus dalam bahasa besemah: (dalam kurung, bahasa yang saya gunakan atau perbedaannya)

Kamu = Kabakh (dengan, ngan)

Orang = Jeme (urang, uhang)

Suka = Galak, ribang

Bisa = Pacak

Dunia = Denie (dunie)

Duduk = Cuguk (cugok)

Dulu = Kudai [cuka keluagh kudai-coba keluar dulu]

Nenek = Nineng, kajut

Kakek = Pugok,

Penganan-makanan = pajohan

Enak = Lemak

Main – Behusek (busek)

Mencari = ncakakhi, cakari, nuntut.

aksara bahasa besemah

Aksara bahasa besemah

Untuk Bahasa Lampung sendiri, dimana saya dilahirkan, kebetulan saya termasuk pasif menggunakannya, jika mendengarkan ada yang ngobrol pakai bahasa Lampung ya, saya ngerti, tapi kalau ikut mengucapkannya nggak begitu lancar.

Dan sedikit saya akan mengenalkan percakapan sederhana dalam bahasa Lampung di blog ini. Bahasa Lampung sendiri ada dua dialek, dialek Api dan dialek Nyo. Yang saya gunakan ini adalah dialek Api.

A = Api kabakh? (apa kabar?)

B = Wawai wawai gawoh (baik-baik saja)

A = Haga guk pa nikhu jemoh? (Mau kemana kamu besok?)

B = haga mulang guk tiyuh. (Mau pulang ke kampung)

A = jama sapa? (sama siapa?)

B = jama puakhi sikham (sama saudara saya)

A = Lamen nikhu ka tigoh guk mehan debingi jemoh, kabakhi sikam gawoh, yo. Dang lupa juk bekhita. (Kalau kamu sudah sampe dirumah besok malam, kasih tau saya aja ya, jangan lupa kasih kabar)

B = Iyo, pagun engok nikhu jama sikam? Kak saka yo kham mak betemu (Iya, kamu masih inget aja sama saya? Udah lama ya kita nggak ketemu)

A = engok, weh… Ikam mak dapo lupa jama nikhu. (Ingat dong, saya nggak akan lupa sama kamu).

Sedikit kamus bahasa Lampung:

Malam = Debingi

Enak = Bangik

Sudah = Sekhadu

Minta = Kilui

Makan = Mengan

Tidur = Pedom

Bisa = Dapok

Tidak = Mak

Nenek = Jiddah

Kakek = Jiddih

Famili/saudara = puakhi, sekelik.

Sama Aja = Gegoh Gawoh

Di Lampung juga punya aksara atau had Lampung.

aksara lampung

Aksara Lampung

Dibawah ini saya kasih lagu daerah dari Sumatera Selatan dan Lampung

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/vZi1pNxmWzU" width="400" height="325" wmode="transparent" /]

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/iU6HitKKTME" width="400" height="325" wmode="transparent" /]

lestarikan bahasa daerah

Sumber Photo:

*Cyberlampung.wordpress.com

*Tribunnews.com

*otentix.smanda.blogspot.com

*chuapchuap.com

*easy.blogdetik.com

*kalagondank.wordpress.com

bahasa daerah

Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s